Aplikasi OrangeHRM merupakan Open Source, apa fungsi dan fitur aplikasi tersebut ?

Orange HRM merupakan sebuah alat untuk mengelola sumberdaya manusia yang berlisensi open source. OrangeHRM Inc merupakan sebuah perusahaan software yang bertempat di Secaucus, New Jersey. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan kebutuhan utama bagi bisnis apapun tidak peduli bisnis itu besar ataupun kecil.
Setting dan konfigurasi dasar yang harus dilakukan di sistem OrangeHRM setelah instalasi selesai dilakukan. Kita dapat dan perlu melakukan setting-setting berikut agar Orange HRM dapat berjalan sesuai dengan proses dan kebijakan perusahaan terkait dengan data dan aktifitas karyawan. Setting yang perlu dilakukan yaitu : Company Info, Job, Qualifications, Skills, Memberships, Nationality & Race, Users, Email Notifications, Project Info, Data Import/Export. Menu konfigurasi ini relatif lebih lengkap dari pada sistem HR berbasis open source lainnya (silakan lihat tulisan sebelumnya mengenai Solusi Open Source untuk UMKM : Perbandingan Software HR berbasis Open Source).
Data pribadi mulai dari riwayat kerja, manfaat, waktu, kehadiran, cuti, perekrutan kerja, penempatan kerja,  pemberian kompensasi dan sebagainya. Proses mengelola SDM ini tentu saja tidak efektif dan efisien jika hanya menggunakan lembaran-lembaran kertas sederhana, maka dari itulah diperlukan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan SDM.
            Salah satu software yang dapat digunakan perusahaan dalam membantu mengelola SDM adalah OrangeHRM. Orange HRM meruapakan salah satu HRIS atau Sistem Informasi SDM yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola SDM. Selain OrangeHRM berlisensi open source dan mudah didapatkan, OrangeHRM juga mencakupi banyak fungsi dari Manajemen Sumber Daya Manusia yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan SDM.
ita akan mulai melakukan setting dengan login menggunakan username dan password admin (user dan password untuk admin diset saat melakukan instalasi pertama kali), lalu klik “Login”.
Previous
Next Post »